Review : The Most Beautiful Goodbye in the World

Halooo!!! Aku kembali dengan ulasan mini drama yang sukses bikin aku banjir air mata 😭 versi awal serial ini ditayangkan pada tahun 1996 di stasiun MBC dengan judul yang sama. Di tahun 2011 dibuat versi film dengan judul The Last Blossom. Dan yang mau aku bahas kali ini adalah The Most Beautiful Goodbye in the World yang tayang tahun 2017 di tvN. Awalnya serial ini akan ditayangkan di MBC, karena ada mogok kerja di MBC akhirnya tvN mengambil alih penayangan drama ini.


The Most Beautiful Goodbye in the World

Judul : The Most Beautiful Goodbye in the World (μ„Έμƒμ—μ„œ κ°€μž₯ μ•„λ¦„λ‹€μš΄ 이별)
Genre : Melodrama, Family
Episode : 4 (empat)
Sutradara : Hong Jong Chan
Penulis Naskah : No Hee Kyung
Stasiun Channel : tvN
Negara : Korea
Jadwal Tayang : 9 Desember 2017 – 17 Desember 2017, setiap hari Sabtu dan Minggu pukul 21.00

Para Pemain

1. Won Mi Kyung sebagai Kim In Hee (Ibu)


Won Mi Kyung

Kim In Hee adalah seorang ibu rumah tangga biasa yang mengabdikan seluruh hidupnya untuk keluarga.

2. Yoo Dong Geun sebagai Jung Chul (Ayah)


Yoo Dong Geun

Jung Chul adalah suami Kim In Hee. Karena kesibukannya sebagai seorang dokter ia kurang begitu peduli dengan istrinya.

3. Kim Young Ok sebagai Nenek (Mertua Kim In Hee)


Kim Young Ok

Nenek sudah tua dan pikun. Karena hal ini Kim In Hee harus merawat Nenek setelah dipulangkan dari panti jompo.

4. Choi Ji Woo sebagai Jung Yun Soo (Putri Sulung)


Choi Ji Woo

Jung Yun Soo adalah putri sulung Kim In Hee. Dia adalah wanita karier. Karena pekerjaannya itu ia juga kurang begitu peduli kepada Ibu.

5. Choi Min Ho sebagai Jung Jung Soo (Putra Bungsu)


Choi Min Ho

Jung Jung Soo adalah putra bungsu Kim In Hee. Ia beberapa kali gagal dalam ujian masuk perguruan tinggi dan membuatnya sering mabuk-mabukan.

6. Yoo Jae Myung sebagai Kim Geun Duk (adik Kim In Hee)


Yoo Jae Myung

Kim Geun Deuk tidak pernah akur dengan Kim In Hee. Ia merasa Kim In Hee mengambil semua harta warisan keluarga. Ia juga sering bertengkar dengan istrinya.

7. Yum Hye Ran sebagai Istri Kim Geun Duk


Yum Hye Ryan

Meski menjadi adik ipar. Dia begitu peduli dan menghormati Kim In Hee.

8. Kim Tae Woo sebagai Young Suk


Kim Tae Woo

Berperan sebagai Young Suk, pria beristri yang menjalin hubungan dengan Yun Soo.

9. Lee Hee Joon sebagai In Chul


Lee Hee Joon

Berperan sebagai In Chul rekan kerja Yun Soo yang menaruh hati pada Yun Soo.

10. Son Na Eun sebagai Jae Young


Son Na Eun

Berperan sebagai Jae Young, pacar Jung Soo.

11. Kil Hae Yoon sebagai rekan dokter Jung Chul


Kil Hae Young

The Most Beautiful Goodbye in the World menceritakan tentang Kim In Hee seorang ibu rumah tangga yang harus merawat ibu mertuanya yang sudah tua dan pikun. Karena kondisi ibu mertuanya yang sudah pikun membuat Kim In Hee kewalahan dalam merawat ibu mertuanya. Ia mempunyai seorang suami yang berprofesi sebagai dokter. Suaminya kurang begitu peduli dengan Kim In Hee, begitu pula dengan anak-anaknya. Mereka lebih sering menghabiskan waktu di luar rumah. Si sulung Jung Yun Soo adalah wanita karir, ia menjalin hubungan dengan suami orang. Si bungsu Jung Jung Soo ia dua kali gagal dalam ujian masuk perguruan tinggi, ia putus asa, sering mabuk-mabukan dan keluyuran. Suatu ketika Kim In Hee merasa kesakitan ketika hendak buang air, ia pun memutuskan untuk pergi memeriksakannya. Dari hasil tes diketahui bahwa Kim In Hee menderita kanker ovarium stadium akhir. Jung Chul (suami Kim In Hee) yang mengetahui hal ini dari rekan dokternya begitu terpukul dan menyesal. Bagaimana bisa ia yang seorang dokter ketika istrinya mengeluh kesakitan ia abaikan dan hanya menyuruh istrinya untuk minum obat. Jung Chul dan para dokter memutuskan untuk mengoperasi Kim In Hee. Tapi sudah terlambat, karena kanker sudah menyebar ke organ tubuh yang lain, alhasil operasi dibatalkan. Jung Chul memutuskan untuk memberi tahu anak-anaknya bahwa penyakit ibu mereka sudah tidak bisa diobati. Mengetahu hal ini Jung Yun Soo dan Jung Jung Soo begitu terpukul dan sedih. Mereka menyesal karena kurang peduli terhadap ibu mereka. Setelah mengetahui fakta ini mereka mencoba memberikan salam perpisahan yang terbaik untuk ibunya. Bagaimana caranya?

Berdurasi 60 menitan untuk 3 episode pertama dan 85 menit untuk episode terakhir. Drama 4 episode ini sukses bikin aku mewek 😭 adegan ketika nenek yang sedang kambuh memukul kepala Kim In Hee dengan tongkat bisbol dan membuat seluruh anggota keluarga marah dengan ulah nenek, sukses membuatku gregetan. Kondisi Kim In Hee sudah sakit dan nenek malah memukul Kim In Hee, meski nenek melakukannya karena ia yang sudah pikun dan kita tidak bisa menyalahkannya. "Kenapa nenek tidak cepat mati saja?" ucap Jung Soo. Dialog ini benar-benar menggambarkan perasaanku saat menonton adegan ini. Seolah aku juga berada di situasi tersebut. Adegan ketika Kim In Hee hilang akal sehat dan berusaha membunuh nenek tapi Yun Soo datang dan menggagalkannya, sukses membuat hatiku terenyuh. "Nenek, ikutlah denganku. Matilah bersamaku. Jangan membuat suami dan anak-anakku kesusahan karena keberadaanmu" Kim In Hee masih saja memikirkan bagaimana nasib keluarganya jika harus merawat nenek yang sudah pikun ketika ia sudah tiada, ia masih mengkhawatirkan keluarganya ketika ia sendiri sakit parah, sebegitu besarnya kasih sayang seorang ibu 😭 adegan ketika Yun Soo memberi tahu Jung Soo tentang kondisi Kim In Hee yang sudah parah juga sukses membuatku menangis. Jung Soo menyesal karena ia belum bisa berbakti kepada ibunya, belum bisa menjadi kebanggaan ibunya, belum bisa memberi ibunya uang tiap bulan tidak seperti kakaknya yang sudah bekerja. Ketika Jung Soo berbincang dengan ayahnya mengenai kondisi ibunya yang sudah parah juga berhasil membuatku mewek 😭 "Apa ibu tidak bisa bertahan sampai hasil tes masuk ujian perguruanku keluar? Aku yakin kali ini aku berhasil lolos. Aku janji aku akan menjadi anak yang baik. Aku akan lebih giat belajar lagi. Apa ibu tidak bisa bertahan sampai saat itu?" 😭 ada banyak adegan yang membuatku menghabiskan banyak tisu karena drama ini, terutama di 2 episode terakhir.

Drama ini mengajarkan kita banyak hal tentang kasih sayang kepada keluarga, bagaimana kita harus lebih peduli dan menyayangi ibu. Kita yang sering sekali mengabaikan ibu, padahal peranan ibu dalam keluarga begitu penting. Ibu seperti tiang penyangga dalam keluarga. Ketika kita masih punya banyak waktu, kenapa kita tidak ungkapkan rasa sayang kita kepada orang-orang terkasih kita? Karena terkadang kita terlambat atau bahkan sudah tidak bisa mengungkapkan rasa sayang kita.


Ibu yang merawat nenek

Drama ini aku rekomndasikan untuk kalian yang suka dengan genre yang bikin nangis bombay. Jangan lupa sedia tisu yang banyak sebelum nonton. Bagaimana chingudeul tertarik untuk menonton?

See you next time chingudeul πŸ˜‰

Related Posts:

0 Response to "Review : The Most Beautiful Goodbye in the World"

Posting Komentar