Review Drama Cheese In The Trap : Kupas Tuntas Drama Lawas



Anyeong Chingudeul..

Pembahasan kita kali ini bakal mengarah ke sebuah drama lawas di awal tahun 2016-an yang berjudul Cheese In The Trap. Baru setahun kenapa udah disebut drama lawas? Karena drama korea berganti setiap 2-3 bulan sekali. Masing-masing stasiun TV menayangkan drama-drama baru tiap jangka waktu tersebut. Jadi, buat gue ini udah termasuk drama lawas. Dan kenapa baru gue review sekarang? Karena gue baru selesai nonton drama ini 2 bulan yang lalu. Hiks, ketinggalan banget ya gue :’( jadi syedih ..
 

Poster Cheese In The Trap
Konon katanya, drama ini sempat jadi primadona pada masanya. Dan gue baru ngerasain efek sampingnya belakangan ini. Setelah nonton drama ini, rasanya perasaan gue tertinggal di Yoo Jung Sunbae. Makanya, kali ini gue mau kupas tuntas tentang drama Cheese In The Trap.

Mulai dari mana ya? Hmmm … Gimana kalo kita mulai dari perjumpaan awal gue sama drama ini. Cheese In The Trap bertebaran judulnya di setiap artikel yang gue baca pas gue lagi nyari rekomendasi drama yang layak di tonton. Gue sempet lirik-lirik posternya dan sempet baca sinopsis ceritanya. Anehnya, pas waktu itu gue sama sekali ga tertarik sama drama ini. Gue baru mulai terpikat sama drama ini setelah nonton Goblin yang mana pemeran utama wanitanya juga pemeran utama wanita di Cheese In The Trap. Pas gue lagi terpesona sama Kim Go Eun di Goblin, saat itulah gue  mulai nyari drama dan film yang di bintangi sama Go Eun. Daaaan .. “drumroll”  akhirnya takdir mempertemukan gue sama Cheese In The Trap.

Oke cukup sekian bicara soal takdir indah gue sama Cheese In The Trap, sekarang mari kita lanjut ke inti pembahasan. Sebelum itu, kita kenalan dulu yuk sama para pemerannya.

Karakter utama drama ini adalah Yoo Jung yang akan diperankan oleh Park Hae Jin. Pria tampan yang misterius satu ini akan membuat kalian merasakan berbagai macam perasaan yang campur aduk saat menonton drama ini.

Visual Park Hae Jin yang sangat mirip dengan karakter webtoon bernama Yoo Jung

Selanjutnya ada karakter utama wanita Hong Seol yang akan diperankan oleh Kim Go Eun.  Mahasiswi pandai namun dari keluarga tak berada ini nantinya yang akan mengajarkan kita banyak pelajaran tentang kehidupan. Baik tentang keluarga, pertemanan, dan juga percintaan.

Kim Go Eun sebagai Hong Seol

Selanjutnya ada Baek In Ho yang diperankan oleh Seo Kang Joon.

Seo Kang Joon sebagi Baek In Ho

Baek In Ha yang akan diperankan oleh Lee Sung Kyung.

Lee Sung Kyung sebagai Baek In Ha

Kwon Eun Taek yang diperankan oleh Nam Jo Hyuk

Kwon Eun Taek yang diperankan oleh Nam Jo Hyuk

Jang Bo Ra yang diperankan oleh Park Min Ji

Park Min Ji (Jang Bo Ra)
Dan masih banyak pemeran lainnya. 

Cheese In The Trap berkisah tentang kehidupan para mahasiswa di kampus. Sejujurnya, kisahnya adalah kisah klise yang biasa kita temui di dunia perkuliahan. Mulai dari sunbae yang suka semena-mena, teman sekelompok yang makan nilai buta (maunya nilai bagus tapi gamau kerja sama), persahabatan erat yang terjalin semasa kuliah, sampai ke permasalahan yang lebih berat yang berhubungan dengan psikologi seseorang seperti penguntit yang menganggap orang lain menyukai dirinya dan bereaksi berlebihan dan juga seorang pria yang sangat manipulatif yang punya senyum manis namun berkepribadian sadis.

Genrenya komedi, romantis (pastinya), persahabatan, dan ada unsur psikologinya. Jalan ceritanya bagus, tapi endingnya agak bikin kecewa. Tapi ya namanya juga drama. Harapan kita happy ending, tapi malah dikasih ending yang gantung. Sungguh teganya writer-nim pada kita (*lebay ih).

Kembali ke topik awal. Karakter utama dalam Cheese In The Trap adalah Yoo Jung. Yoo Jung yang diperankan oleh Park Hae Jin adalah seorang pria yang lumayan tenar di kampusnya. Dia tampan, tinggi, kaya, murah senyum, baik hati, dan pandai (sempurna amat bang 😚). Dia pewaris tunggal Taerang Grup, sebuah perusahaan milik ayahnya. Namun Yoo Jung tidak pernah mengatakan pada siapapun tentang dirinya yang berasal dari keluarga terpandang. Karena semasa SMA banyak siswa yang berteman dengannya hanya karena kekayaannya. Maka dari itu, ketika Yoo Jung memasuki dunia perkuliahan dia berusaha menyembunyikan latar belakangnya.

Semua mahasiswa di kampus memuja Yoo Jung. Namun  lain halnya dengan Hong Seol. Hanya Hong Seol lah yang menaruh curiga mendalam pada seniornya itu. Seol merasa dibalik senyum manis Yoo Jung tersembunyi sisi lain dalam dirinya yang menakutkan. Seol selalu menuduh bahwa Yoo Jung lah penyebab beberapa kejadian buruk yang terjadi di kampus. Baik yang menimpa dirinya ataupun yang menimpa orang lain.

Seol merasa tidak nyaman didekat Yoo Jung karena dia mengetahui sisi lain yang ada pada diri Yoo Jung. Sikap Yoo Jung sangat berbeda ketika bersama dengan banyak orang dan ketika hanya ada mereka berdua. Ketika di depan teman-temannya, Yoo Jung begitu manis pada Seol, namun jika hanya ada mereka berdua Yoo Jung begitu kejam pada Seol. 

Caranya menatap Seol seolah menyimpan kebencian mendalam

Rasa takut yang menyelimuti batinnya membuat Seol memutuskan untuk cuti kuliah agar tidak lagi berurusan dengan Yoo Jung. Namun setahun setelah cuti, Seol justru mendapat beasiswa. Dan setelah dia kembali masuk kuliah setelah mendapat beasiswa tersebut barulah dia tahu bahwa beasiswa yang dia dapat sesungguhnya berasal dari Yoo Jung. Apakah yang sebenarnya terjadi? Mengapa sunbae yang selama ini nampak membencinya justru memberikan beasiswa itu padanya?

Entah sejak kapan, Yoo Jung mulai menunjukkan ketertarikannya pada Seol. Yoo Jung tak henti-hentinya memberikan tawaran makan siang pada Seol.

Senyum manisnya mengembang saat memberikan tawaran makan siang pada Seol

Bahkan Yoo Jung sering membantu jika Seol berada dalam kesulitan. Yoo Jung juga sering melempar senyuman pada Seol. Sangat berbeda dari tahun sebelumnya yang mana tatapan Yoo Jung pada Seol adalah tatapan yang sinis, kali ini justru Yoo Jung menunjukkan sikap-sikap manisnya pada Seol. Apakah ini salah satu cara Yoo Jung untuk membuat Seol merasa lebih menderita dan terbebani selama kuliah?

Bukan hanya Hong Seol yang terkejut dengan perubahan sikap Yoo Jung, tapi gue sebagai penonton pun terkejut. Inilah yang awalnya bikin gue penasaran dan geregetan tapi pada akhirnya bikin gue terjerumus dalam lembah kebaperan (*mulai deh lebaynya)

Sekilas jalan ceritanya seolah ringan dan mudah dipahami. Namun sesungguhnya terselip makna mendalam yang menggambarkan sisi gelap manusia didalamnya. Selain dari jalan ceritanya yang tidak biasa, hal lain yang juga jadi elemen penting dalam drama ini adalah pendalaman dan pembawaan karakter oleh masing-masing pemeran. Tidak hanya paras yang rupawan, namun akting mereka membuat hati berdebar-debar. 

Hampir semua aktor bermain dengan sangat bagus. Tidak ada yang mengecewakan kecuali endingnya. Paling terpesona sama pembawaan dari Hae Jin. Dalam sekejap ekspresinya bisa berubah dari tatapan manis jadi tatapan sinis. Dari yang awalnya ramah jadi kejam.

Dan dari semua aktor, hati gue paling luluh kalo udah liat Park Hae Jin. Sejujurnya, gue ga pernah baper tiap liat Hae Jin maen di sebuah drama. Gue pernah liat dia maen di My Love From The Star dan di Doctor Stranger. Tapi, cuma di Cheese In The Trap ini nih gue ngerasa kalo Hae Jin cocok banget sama karakter yang diperankan. Dan itu bikin gue jatuh cintanya kebangetan.

Ada beberapa aktor pendukung yang sukses membuat para penonton geram melihat tingkahnya. 

Aktor pendukung ter-rese

Yang pertama adalah sosok Sang Chul yang diperankan oleh Moon Ji Yoon. Sosok yang satu ini adalah sosok sunbae yang sudah tua umurnya tapi kelakuannya masih saja kekanak-kanakan. Selalu mengandalkan orang lain. Jika nilainya buruk, selalu saja menyalahkan orang lain. Tidak mau bekerja sama tapi ingin mendapat nilai baik. Ingin lulus secepatnya tapi tidak mau berusaha. Wah, adakah sosok seperti ini di kampus kalian?

Ini dia si Sunbae yang bikin geregetan

Selanjutnya ada Oh Young Gun yang diperankan oleh Ji Yoon Ho. Karakter Oh Young Gun ini gilanya bukan main. Dia beraksi berlebihan terhadap setiap perkataan orang tentang dirinya. Jika ada seseorang yang mengatakan "Mungkin wanita itu menyukaimu" maka dia akan terus menerus mendekati wanita tersebut dan tanpa henti mengganggunya. Seperti yang dia lakukan pada Seol. Wah, bisa ribet kalo ada cowok yang sikapnya gini. Kalau sudah beraksi berlebihan seperti itu bisa sampai ke gejala erotomania.


Oh Young Gun si penguntit

Ada lagi wanita cantik yang hobinya hura-hura dan bikin rese sana sini. Siapakah dia? Dia adalah Baek In Ha yang diperankan oleh Lee Sung Kyung. Karakter yang satu ini cukup membuat geger para penonton. Pasalnya dia menjadi sosok antagonis yang akhirnya mencelakakan pemeran utama wanita. Aktingnya indah, meskipun menurut gue sedikit berlebihan dibagian ekspresinya.


Ini cuplikan adegan yang menurut gue ekspresinya Sung Kyung terlalu berlebihan

Ada lagi si cupu yang pada akhirnya bikin kesel bernama Son Min Soo yang diperankan oleh Yoon Ji Won. Sebenarnya dia hanyalah mahasiswi biasa yang lugu dan mengagumi Seol. Dia ingin berteman dengan Seol. Namun kekagumannya itu justru membuat dia menjadi seorang plagiat. Dia meniru gaya berpakaian Seol. Dia mengaku-ngaku barang milik Seol yang ditemukan terjatuh olehnya adalah miliknya. Dia bahkan mengaku pada teman-temannya kalau dia punya pacar. Dan ternyata yang dia akui sebagai pacar itu adalah adik Seol.(makin ribet lah hidupnya Seol ketemu hama satu ini)

Yoon Ji Woon

Rasanya benci sih, tapi juga sayang sama semua karakter bersifat buruk diatas 😃.

Adegan baper versi gue 

Back Hug terfavorit😙



Adegan termanis sepanjang drama



Cuma bersentuhan, iya senggol-senggolan gitu tangannya. 
Tapi ya emang dasar gue aja imannya lemah. Klepek-klepek kena adegan begituan. Haha
Yang di atas ini cuma pegangan tangan loh. Lebih tepatnya bersentuhan jari sih. Tapi sumpah gue baper banget pas ngeliatnya. Sisi manisnya Jung sangat menonjol disini. Apalagi dia sampe bawain selimut dan beliin makanan buat Seol. Padahal kejadian ini terjadi setelah mereka berdua bertengkar malam hari di tengah hujan karena Jung cemburu melihat Seol yang berjalan berdua dengan In Ho. 



Yang di atas ini momen romantis dimana Jung mengikuti langkah kaki Seol di iringi soundtrack yang mengalun merdu. Sesampainya di adegan ini, gue jadi guling-guling sendiri karena baper .😅

Udah segitu ajalah ya cuplikan adegan terbaper sepanjang drama ini. Gabakal selesai nih pembahasan kalo gue tampilin semua :D


Cukup sekian ulasan tentang drama Cheese In The Trap secara umum. Sekarang gue mau kasih pendapat pribadi gue tentang drama ini dan pesan-pesan yang terkandung di dalamnya.

Pendapat Pribadi dan Pesan-Pesan

Yoo Jung adalah karakter yang banyak orang bilang dia mengidap gangguan anti-sosial yang biasa disebut psikopat. Ada pula yang bilang bahwa dia mengidap gangguan yang disebut sosiopat. Antara sosiopat dan psikopat adalah dua hal yang berbeda. Namun dalam hal ini penilaian gue terhadap karakter Yoo Jung berbeda dari penilaian kebanyakan orang. Gue cenderung menganggap kalau Yoo Jung hanyalah pria biasa yang punya banyak kekurangan. Dia punya banyak sisi yang tidak diketahui orang lain. Termasuk sisi kekanak kanakan. Dia hanyalah pria kesepian yang butuh sandaran.

Sejak kecil ayahnya yang terlalu over protective selalu mengajarinya bagaimana caranya tersenyum di depan banyak orang dalam kondisi apapun. Bahkan dalam keadaan marah, kecewa, benci Yoo Jung dipaksa untuk terus tersenyum. Itulah sebabnya mengapa hingga dewasa dia sangat manipulatif. Dia selalu tersenyum di depan semua orang meskipun sedang marah. Namun jika hanya sedang berdua dengan seseorang yang dia benci, dia berubah menjadi pria dingin dengan tatapan kejam yang seolah siap membunuh seseorang.

Yoo Jung adalah pribadi yang tidak mampu mengendalikan emosi. Tapi memahami orang-orang yang punya kepribadian seperti Yoo Jung juga bukan suatu kesalahan kan?

Dalam hal menjalin hubungan percintaan, Yoo Jung hanya berusaha sekuat tenaga melindungi dan membahagiakan orang yang dicintainya. Caranya mungkin dinilai salah, mungkin juga caranya menyakitkan bagi orang lain. Ini hanya masalah caranya. Tapi tekadnya untuk melindungi wanita yang dicintainya sangat kuat. Dia juga punya kesetiaan yang mendalam. Dan dia tipikal orang yang tidak suka keributan. Meskipun kadang orang salah paham pada dirinya, dia tidak akan menjelaskan jika tidak ditanya.

Kenapa gue bilang Yoo Jung bukan sosiopat atau psikopat? Karena penderita gangguan psikopat dan sosiopat punya ciri-ciri salah satunya yaitu tidak mampu memahami perasaan orang lain. Tapi di akhir cerita, ketika dia melihat Seol yang terbaring di ranjang rumah sakit setelah mengalami kecelakaan, dia akhirnya menyadari bahwa selama ini yang dia lakukan pada orang lain ternyata bukan menyakiti fisik mereka. Melainkan hati dan perasaan mereka. Dia bisa merasakan betapa sakitnya melihat orang yang dicintainya terluka. Dia punya perasaan sedalam itu. Bahkan dia rela menjauh demi kebaikan orang yang dicintainya. Demi mencari tahu sebenarnya dia orang yang seperti apa.

Hong Seol adalah wanita yang ceria dan punya pemikiran dewasa dan terbuka. Dia mencoba untuk selalu memahami apa yang dilakukan Yoo Jung meskipun di mata orang lain perilaku Yoo Jung di anggap aneh. Dia sempat merasa takut akan sikap Yoo Jung yang suatu ketika bisa sangat menyeramkan. Dia sempat menjauhi Yoo Jung, tapi dia tahu bahwa apapun yang dilakukan Yoo Jung semua demi kebaikannya.

Seol berusaha memahami Yoo Jung semampunya dan berusaha merubah Yoo Jung menjadi pribadi yang lebih terbuka. Semakin mengenal Yoo Jung, Seol semakin menguatkan tekad untuk tidak lari dari Yoo Jung, dan berusaha untuk selalu mempercayai Yoo Jung sepenuh hati serta mendampingi Jung seburuk apapun keadaan yang tengah di hadapi. Mereka berdua saling menguatkan meskipun pada akhirnya harus berpisah demi kebaikan bersama.



Peluk adek bang, peluk 😍

Pesan penting dari cuplikan diatas adalah bahwasannya adakalanya kita akan sampai pada suatu titik dimana kita membutuhkan seseorang yang tanpa banyak bertanya, langsung memeluk kita dengan erat dan membelai mesra hingga luapan tangis mereda dan beban di dada terasa sedikit lega.  

Akan ada masanya dimana kita merasa sangat rapuh dan tersiksa karena suatu permasalahan. Yang kita butuhkan adalah pelukan dari orang tersayang. Pelukan memang tidak akan menyelesaikan masalah yang sedang kita hadapi. Tapi sebuah pelukan hangat akan memberikan kita kekuatan untuk menghadapi masalah yang sedang menghadang.





Cuplikan di atas terjadi ketika Jung masuk kuliah dan memilih tempat duduk disamping Seol. Ketika ditanya teman-temannya kenapa Jung dan Seol semakin dekat setelah liburan semester, Jung dengan entengnya menjawab "Kita Pacaran". (Duh, kalo gue jadi Seol langsung meleleh kali ya nih hati 💘. Bagaikan tertusuk panah asmara Arjuna. ahaha)

Pesan dari cuplikan di atas adalah wanita butuh pengakuan. Mungkin memang terasa canggung di awal. Tapi diakui sebagai kekasih ketika menjalin suatu hubungan itu adalah keharusan menurut gue.





Kalau cuplikan video diatas, terjadi ketika Seol di kerjai Nam Joo Yeon yang mengakibatkan Seol telat masuk kuliah. Dan sahabat Seol yaitu Eun Taek mengambil absen dari Asisten dosen untuk memperlambat waktu dimulainya kelas agar Seol tidak terlambat masuk kelas. Manis sekali persahabatan mereka 😊





Yang di atas ini terjadi saat Seol memberi jam tangan pada Jung. Padahal Jung punya banyak sekali koleksi jam tangan mahal. Namun dia tetap menghargai pemberian Seol walaupun jam tangan dari Seol bukan termasuk jam tangan mahal. Dan dia selalu memakai jam tangan pemberian Seol itu. 

Pesan dari cuplikan diatas adalah menghargai pemberian seseorang adalah suatu keharusan. Dengan saling menghargai hubungan akan terjalin dengan indah.



Adegan manis di atas terjadi setelah In Ho dan Jung berkelahi. Dan Seol mencoba memahami kenapa Jung berbuat seperti itu. Seol menenangkan Jung dan mengatakan bahwa Jung bukanlah orang aneh seperti anggapan orang-orang. Jung hanyalah orang yang berbeda yang tidak punya banyak kesempatan untuk dapat jujur pada orang lain.

Indahnya saling memahami yang menjadikan hubungan sebagai sepasang kekasih menjadi semakin erat.



Meski telah mengetahui berbagai sisi gelap yang ada dalam diri Jung, Seol tetap tak gentar. Ia bertekad untuk tetap di sisi Jung apapun yang terjadi dan berusaha memahami bagaimana perasaan Jung dan alasan Jung melakukan semua hal buruk itu selama ini.

Adakah yang berusaha memahami seseorang sekuat Seol memahami Jung? Jadikan pelajaran untuk tidak meninggalkan kekasih hanya karena alasan tidak cocok lagi. Karena kecocokan itu dibangun, bukan di temukan.

Update :
Download Soundtrack Cheese In The Trap (Full Album)


Sekian pembahasan kita kali ini. Maaf pembahasannya terlalu puanjang sekali. Meskipun sangat panjang tapi sejujurnya masih banyak hal yang belum terkupas (*haha). Udah sebanyak itu tulisannya tapi masih belum semuanya terkupas? Mau sepanjang apalagi coba? 😅

Terimakasih telah menyempatkan membaca. Dah..

Related Posts:

16 Responses to "Review Drama Cheese In The Trap : Kupas Tuntas Drama Lawas"

  1. Ane belum prnah nnton drama ini, bgus gk ya ?

    BalasHapus
  2. Widih... kalo dakor yg ini q blm nonton nih,, Kalo q lebih suka Goblin sama Hyde Jekyll me

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf lama dibalasnya.
      Goblin bagus emang kak. kalo Hyde Jekull me aku belum nonton. Kalo drama CITT ini bagus kak. recomended buat ditonton...

      Hapus
  3. uda nonton tapi second lead syndrome menyerang... BTW Yoo Jung Sunbae creepy but sweet >///<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiks, aku hampir aja kena SL syndrome. Untung masih kuat iman. Wkwk. Masih bisa bertahan sama Jung 😘😍

      Hapus
  4. Setuju bgt.. Baru di film ini park hae jin bisa bikin baper yang ta berkesudahan.. Hehe.. Kayak cocok bgt sm karakternya. Setuju jg sama adegan terbapernya.. Back hug.. Sama adegan kiss nya jg unch.. Unch bgt.. Sweet bgt dan ga maksa. Opini pribadi sih. Cuman kalau di dunia nyata karakter kaya yoo jung sunbae agak serem jg sih. Tapi tetep ga bisa mup on dr yoo jung sunbae.. Halah.. 😂😂 thank u reviewnya Bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes yes, bener bener engga bisa move on chingu 😚😚 cintah banget sama si Yoo Jung. Btw gue abis baca ulang review gue sendiri, dan tiba² jadi pengen rerun 😂 duh pesona Yoo Jung ga terbantahkan.


      Back Hugnya bikin kita bedebar² yak 😂😅 tengkis chingu. Laen kali bikin review lagi. Tengkis udah mampir 😘😘😘

      Hapus
    2. Tapi bener yah, kalo di dunyat karakter Yoo Jung bakalan serem keknya. Tapi tetep cintah lah sama dramanya terutama pembawaannya 😘😘

      Hapus
  5. Udah gatau lagi seberapa bapernya sama hae jin. Setujuuu sama komentar diatas he's creepy but tooooo sweetttttttt!!!! Ah tapi sayang bgt makin akhir banyakan in ho yang muncul dan ending nya gantunggg bangetttttt. Berharap waktu itu ada episode special yang nampilin kehidupan mereka setelah berpisah tapi ya gantung gitu aja huh:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kudu eottokhe kalo kaya gitu chingu 🙈 dia serem, tapi dia sweeeeeet banget 💕 mau nolak gabakal bisa, mau ngejalanin tapi ragu. Ye kan? Etdah. Ngapa gue sok²an jadi pemeran utama yak 😂 efek baper berkepanjangan.

      Bener. Padahal harapannya abis dr pergi jauh pas balik bisa jadian gitu sama Seol. Eh, malah cuma dapet pemberitahuan email terbaca. Kan nyesek 😪😪😪😪

      Hapus
  6. Nice review sist
    Sependapat sama km sist , Menurut aku juga gitu sikapnya yoo jung bukan karena sosiopat atau psikopat, lebih ke sisi dewasa yang gamau bikin banyak musuh tapi juga harus pertahanin diri sendiri dari beragam sifat manusia kali yah, jadi Emang licik caranya, cuma kan buat pertahanan diri karena org yg berurusan jg salah , bukan buat nyakitin org lain hehe
    Tapi kok ya Endingnya bikin nyesek gitu ya, bisa berharap ada season 2 di tahun 2018 gini ga ya wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya banget kak. Gimana yaak, secara pribadi gw pin kalo dicintai spesies sejenis Yoo Jung inipun gaakan bisa nolak. Kenapa? Ya karna gw secara pribadi pun suka sama karakter nya Yoo Jung ini yaak. Bukan dari tampang. Tapi dari perhatian² kecil sampe perhatian besar yang bisa dibilang 'ngasarin' orang lain demi ngejaga orang yang dicintainya itu sumpah bikin meleleh. Tapi ya gitu greget sama endingnya doang. wkwk. Berharap banget ada season dua dengan visual PHJ dan GoEun yang sekarang 😍

      Hapus