Review The Liar And His Lover


The Liar And His Lover adalah sebuah drama Korea yang merupakan adaptasi dari manga karya Kotomi Aoki berjudul Kanojo wa Uso o Aishisugiteru. Pengadaptasiannya menarik perhatian J-Drama dan J-Movie karena sebelumnya Kanojo wa Uso o Aishisugiteru sudah pernah diangkat ke dalam bentuk live action oleh Fuji TV dan didistribusikan oleh Toho pada tahun 2013.

Joy Red Velvet akhirnya mendapatkan peran utamanya di layar kaca setelah tampil sebagai cameo di drama Descendants of the Sun (*pastinya kita masih ingat bagaimana penampilan Red Velvet yang membuat seluruh pasukan alpha bergoyang :D).

Joy Red Velvet dan Lee Hyun Woo sebagai dua pemeran utama untuk drama adaptasi The Liar and His Lover tentunya mendapat banyak perhatian. Kenapa begitu? Yah, karena J-Movienya The Liar And His Lover itu sendiri sangat populer di negara asalnya. Kepopuleran J-movie The Liar and His Lover tentunya menjadi beban tersendiri bagi mereka berdua. Bisakah mereka berdua dan tvN memperlihatkan drama adaptasi The Liar and His Lover yang tetap bisa dinikmati senikmat nonton film versi Jepangnya?

Drama tvN The Liar and His Lover tayang bulan Maret 2017 sebagai pengganti drama Introverted Boss. Gimana? Kalian nonton yang mana? The Liar And His Lover versi drama koreanya atau versi J-Movienya? 

Sedikit catatan, adaptasi film The Liar and His Lover ini semakin menarik karena salah satu aktor J-movie-nya, Kouki Mizuta, pernah tampil di drama tvN berjudul Flower Boy Next Door  pada tahun 2013 silam sebagai Watanabe.

Ini dia para aktor dan aktris yang akan berpartisipasi dalam drama The Liar And His Lover.

1. Park Soo Young (Joy Red Velvet) sebagai pemeran utama wanita bernama Yoon So Rim

Park Soo Young
2. Lee Hyun Woo sebagai pemeran utama pria bernama Kang Han Kyul  

Lee Hyun Woo


 Pemeran Lain
  • Choi Min-soo, pemeran karakter Kang In-woo (Ayah Han Gyul)
  • Im Ye-jin, pemeran karakter Kim Sun-hee (Nenek Yoon So Rim)
  • Kim In-kwon, pemeran karakter Guru Bong
  • Song Kang, pemeran Baek Jin Woo
  • Park Jong Hyuk, pemeran Lee Kyoo Sun

Nama para pemeran member band Crude Play:


  • Kim Sung-joo, pemeran karakter Yoo Si-hyun (Vokalis dan leader) 
  • Jang Ki-yong, pemeran karakter Ji In-ho (Pemain drum dan rapper)
  • Lee Seo-won, pemeran karakter Seo Chan-yeung (Pemain bass) 
  • Shin Je-min, pemeran karakter Lee Yoon (Pemain gitar dan keyboard)


Pengenalan Drama

Drama The Liar and His Lover bercerita tentang Kang Han Kyul yang awal mulanya termasuk member band Crude Play. Namun, saat band-nya debut Han Kyul memutuskan bekerja di balik layar sebagai produser lagu untuk Crude Play. Dia menyembunyikan identitasnya dari siapapun kecuali orang-orang dari agensinya. Dia lebih akrab dipanggil dengan inisial "K". Suatu kejadian membuatnya memiliki hubungan dengan Yoon So Rim.


awal mula pertemuan indah Han Kyul dan So Rim
So Rim adalah gadis SMA yang sangat berbakat dalam hal bermusik. Dia mempunyai suara yang merdu dan juga bening (*padahal gue gatau jenis-jenis suara tapi ya pas nonton drama ini dan dengerin suaranya Joy berasa adeem gitu lah :D). So Rim termasuk fansgirl Crude Play dan sangat menggemari lagu-lagu buatan K. Pertemuan mereka terus berlanjut. Namun sepanjang perjalanan pertemuan mereka, K tetap merahasiakan identitasnya didepan So Rim. Dia tidak mengatakan bahwa dirinya adalah Produser K. Rahasia Han Kyul mulai terbongkar saat So Rim dan teman band-nya diajak debut sebagai grup MUSH&co. 

Tim produksi drama The Liar and His Lover nampaknya tidak main-main dengan lagu-lagu yang ditampilkan. Kalo nonton drama ini berasa nostalgia ke jamannya drama Dream High dimana pemerannya punya bakat bernyanyi dan juga memperdengarkan lagu-lagu yang indah. Sayangnya, drama The Liar And His Lover ini kurang baik dalam hal rating. Setelah berakhirnya drama Goblin yang menampilkan kisah cinta luar biasa yang mana kisah kasihnya melebihi batas fantasi kita dan mendapat akhir rating yang sangat membanggakan, drama setelah-setelahnya seolah kurang diminati oleh penonton. Mungkin karena hati mereka masih tertinggal di Goblin Ahjussi dan Grim Reaper kali yaa :D (*sama kek gue). Tapi meskipun gue masih kebayang-bayang si Goblin Ahjussi, gue tetep maju terus pantang mundur. Gue ga mau berhenti di situ. Takut gagal Move On kayak jaman Descendants Of The Sun yang mana gue butuh waktu lama buat ngilangin virus kaptenisasi yang menggerogoti batin gue dan sudah mencapai stadium akhir. 

Tapi meskipun drama The Liar And His Lover rasanya kurang diminati oleh penonton, dan mendapat rating yang sangat jauh dari rating bang Goblin, gue tetep like like like. Gue jatuh cinta banget sama kisah yang disuguhkan didalamnya. Yah, mungkin karena gue belum nonton versi J-Movienya makanya gue bisa bilang begini. Tapi balik lagi soal selera guys. Selera kan gabisa dipaksa. Lah gue kadung jatuh cinta sama drama Korea. Jadi ya lebih cinta aja sama versi dramanya. Mungkin memang tidak sesempurna versi J-Movienya, tapi The Liar And His Lover terasa punya cita rasa tersendiri buat gue. Namanya juga versi film tapi di dramakan, udah pasti gabisa sesempurna versi film aslinya. Tapi tetep aja jalan ceritanya bukan jalan cerita yang membosankan. Dan recommended banget buat kalian.

Pesona Dalam Drama 

Drama The Liar And His Lover seperti yang kita tau, adalah drama yang menghadirkan kisah tentang para pemusik. Kisah cintanya, perjuangannya, cobaannya, dan lain sebagainya. Nah, gue mau berbagi sedikit kebahagian (*eh bukan sedikit sih, tapi banyak kebahagiaan 😁) sekaligus pencerahan yang gue dapet setelah menonton drama ini. 

Yang bikin gue terpesona ada banyak sih.
Pertama adalah karena keceriaan yang dihadirkan dalam drama ini. Misalnya seperti cuplikan  video dibawah ini.
Nah, bisa dilihat saat Joy bernyanyi dengan penuh keceriaan, seakan para penonton ikut merasakan cerianya masa-masa sekolah yang dulu pernah kita rasakan (*meskipun ga seceria dalam drama. haha). Saat-saat seperti ini membawa rasa bahagia tersendiri untuk para penontonya. Para penonton yang mungkin akhir-akhir ini di  buat tegang oleh drama-drama bergenre hukum, politik dan sebagainya bisa meliburkan hati dari ketegangan lewat drama ini. Tidak hanya ekspresi saat bernyanyi, tapi lagu yang dibawakan juga terasa membawa keceriaan.
Kedua adalah perjuangan So Rim untuk bisa menjadi penyanyi terkenal. Perjuangannya emang ga dramatis-dramatis banget sih. Tapi meskipun dia sama sekali tidak pandai dalam akademis, dia tetap punya sesuatu yang layak dibanggakan. Meskipun belum banyak di sadari orang. Nah, ini nih menegaskan pada kita bahwasanya kita tidak boleh meremehkan seseorang yang tidak pandai dalam hal akademis atau dalam hal lainnya. Seseorang yang tidak pandai matematika bukan berarti dia akan menjadi orang yang gagal dalam kehidupannya. Karena tiap orang punya potensi tersendiri. Tergantung bagaimana cara kita menyikapi, mensyukuri, dan memperjuangkannya.
Ketiga adalah kesulitan-kesulitan yang dialami publik figur seperti mereka. Drama ini selain menampilkan kisah cinta dan perjuangan juga menampilkan dilema dan badai yang sering menerpa publik figur. Misalnya yang dialami Chae Yoo Na manakala usianya sudah tak lagi muda, dia mulai dicaci, dimaki dan terus dibenci oleh masyarakat. Tekanan yang dialami oleh para publik figur saat hal itu terjadi memberi kesan tersendiri. Jadi, buat kalian yang punya mimpi menjadi seorang artis, musisi, atau publik figur lainnya belajar menguatkan mental yah? Karena setelah nonton drama ini gue jadi tau kalau kehidupan keartisan ga semudah yang kita lihat dilayar. Hujatan-hujatan sudah pasti akan kita dapat ketika menjadi publik figur. Kadang di sayang, tak jarang pula kita dibuang apabila kita tidak mampu memenuhi keinginan masyarakat. Bukan cuma itu sih, kita juga diajari agar menilai dengan bijak pada publik figur. Seperti gue bilang di awal, kalau apa yang kita lihat di layar belum tentu kebenaran. Jadi jangan gampang terhasut dan menilai buruk seseorang atau publik figur hanya dari yang kita lihat sekejap, padahal kita ga tau kehidupan mereka yang sebenarnya. 
Keempat adalah kisah cinta Yoon So Rim dan Kang Han Kyul. Sebenarnya kisah ini jadi kisah cinta segitiga sih. Normalnya dalam drama korea memang selalu ada second leadnya. Tapi gue mah cinta banget sama kisah So Rim dan Han Kyul. Kenapa? Karena kisah cintanya ga ngebosenin gitu. Yang namanya kisah cinta segitiga dalam drama biasanya nih ya, akan menimbulkan kesalahpahaman berkepanjangan. Tapi tidak untuk So Rim dan Han Kyul. Konflik yang terjadi bisa segera diselesaikan oleh pasangan muda ini. Han Kyul yang dulunya komponis yang hanya perduli pada musik yang ia hasilkan, dan terkesan tidak peduli pada perasaan teman-temannya bisa berubah saat dia mulai bertemu dan menjalin hubungan dengan So Rim. Bisa diambil kesimpulan bahwa cinta sebenarnya bukan hanya mengacu pada menerima pasangan apa adanya. Misalnya ada pernyataan "kalo dia berkelakuan buruk, yaudah terima aja apa adanya, namanya juga cinta." Cinta mah ga kaya gitu. Cinta itu perasaan yang mana akan membuat kita merasa ingin menjadi lebih baik demi seseorang. Kalau misalnya kita punya kebiasaan buruk misalnya suka ngambek dan marah ga jelas. Ketika sudah bertemu dengan orang yang tepat, kita akan berusaha menghilangkan kebiasaan buruk itu untuk menjadi pribadi yang lebih baik demi orang yang dicintai. Nah, itu baru cinta.
Selain itu, rasa percaya yang dimiliki keduanya juga mengajarkan kita untuk lebih bisa menjaga kepercayaan seseorang yang sudah diberikan pada kita. Menjaga selayaknya kita ingin dijaga. Wah, pokoknya sumpah bikin baper aja kisah cintanya.
Kelima adalah persahabatan antara Yoon So Rim, Baek Jin Woo dan Lee Kyu Sun. Mereka bersahabat sejak kecil. Ga heran sih, soalnya mereka dibesarkan dilingkungan yang sama. Kisah-kisah persahabatan memang sering dihadirkan dalam drama korea. Persahabatan mereka bertiga terbilang indah dan terjalin dengan baik. Misalnya ketika pacar Kyu Sun membocorkan rahasia agensi pada publik. Kalo normalnya kita nih bakalan nyalahin si Kyu Sun. Kenapa? Kok bisa rahasia agensi sampe di pegang pacarnya. Terus udah gitu marahin Kyu Sun dan ngejauhin dia. Normalnya gitu kalo menurut gue. Tapi ini engga. Mereka menyelesaikan masalah yang ada bersama-sama. Ga terpisah, dan ga saling menyalahkan. Dalam hal berjuang, mereka juga berjuang bersama, saling memahami dan menghargai. Tidak menyembunyikan sesuatupun antara satu sama lain (*kecuali hubungan kekasih yang terjadi antara So Rim dan Han Kyul yang disembunyikan So Rim dari mereka. Karena itu sifatnya pribadi sih menurut gue.) Persahabatan yang indah. Ketika satu terluka yang lain menyeka air mata. Ketika satu terhina yang lain menguatkan. Ketika satu tertimpa musibah, yang lain berlari bersamaan saling memikul beban. Haaaahhh. Sesuatu yang belum pernah gue rasakan 😏 (nahloh kenapa jadi curhat. hahaha maafkan aku yang sempat khilaf).
Selain itu ada juga nih si cewek ngeselin temen sekelas So Rim yang juga sebenernya fansgirlnya CrudePlay tapi sok-sok an ga ngaku. Pas tau kalo So Rim dkk debut, langsung tuh dia ngedeketin si Kyu Sun. Dan ternyata makin kesini makin tau apa alasan dia ngedeketin Kyu Sun. Awalnya gue kira itu karena dia pengen punya pacar seorang member grup band. Tapi ternyata dia ngedeketin Kyu Sun karena pengen cari tau lebih dalam tentang Chan Young dan pengen deket sama Chan Young member CrudePlay. Dia ngiri (*yaudah gue nganan aja.haha) sama keberhasilan So Rim, dan kedekatan So Rim dkk dengan Chan Young dan member CrudePlay lainnya. Hellawwww.. 😱 yaiyalah deket, kan mereka se agensi. Kenapa lu jadi baper dan ngancurin kebahagiaan mereka sih -_- kan kesel guenya.
Nah, itu memberi pesan pada kita bahwasannya hidup yang bahagia itu tidak harus dengan cara merusak kebahagiaan orang lain. Tapi hasil dari kerja keras tanpa lelah, optimisme, harapan dan tidak lupa mensyukuri dan menjaga apa yang kita punya. Dari situlah kunci kita bisa hidup bahagia. Gausah mikirin omongan orang. Kalo bisa buktiin pake prestasi. Kayak So Rim dkk. Biar yang benci kalian, mau ga mau harus nerima kalian karena prestasi yang sudah kalian tunjukkan. Emangnya ngerusak kebahagiaan orang lain bisa bikin kita jadi tambah bahagia? Engga kali. Bahagiain aja diri sendiri dengan cara gausah ngiri sama apa yang orang lain dapetin. Orang lain ngedapetin sesuatu yang bikin mereka bahagia itu juga dengan usaha. Jadi, gausah ngiri ya? Nikmati aja kehidupan yang ada.
Buat kalian yang belum nonton, buruan nonton gih. Masih tersisa 4 episode lagi. Sampai disini dulu perjumpaan kita. Terimakasih sudah membaca. Dah ..

Related Posts:

0 Response to "Review The Liar And His Lover "

Posting Komentar