Review Defendant, Drama Korea Pengganti Romantic Doctor, Teacher Kim


Halo halo ..

Kali ini gue mau bahas tentang salah satu drama SBS yang berjudul Defendant. Drama ini masih hangat loh, sehangat tahu bulat digoreng di mobil 500an. Haha 😁

Biar kalian ga pada penasaran gue mau kasih sedikit ulasan tentang drama ini .

Setelah rampungnya drama Romantic Doctor, Teacher Kim, SBS kembali menyuguhkan kita drama terbarunya berjudul Defendant. Drama besutan penulis Choi Soo Jin ini berhasil menarik minat penonton. Pasalnya, drama ini menggandeng artis-artis kenamaan Korea diantaranya Ji Sung, Uhm Ki Joon, Yuri SNSD, Oh Chang Suk, dll. Ji Sung dan Uhm Ki Joon adalah beberapa aktor yang kualitasnya tidak diragukan lagi. Satu hal yang paling mencolok dari sosok Ji Sung adalah kemampuan aktingnya yang luar biasa. Aktor Korea Selatan yang satu ini telah membuktikan kepiawaiannya dalam puluhan drama dan sejumlah film.

Para penonton akan dimanjakan akting apik Ji Sung Oppa. Oops. Bukan oppa, mungkin  lebih tepatnya Ahjussi kali ya. Ahjussi rasa oppa. Kayak ada manis-manisnya gitu deh liat Ji Sung 😍 (Jangan genit,ntar di gampar Bo Young Unnie. hihi). Ji Sung adalah aktor berusia 40-an yang sudah melanglang buana di dunia hiburan sejak tahun 1999. Namun kemampuannya baru benar-benar diakui pada tahun 2001 saat ia mendapatkan penghargaan New Star Award. Bisa dipastikan aktingnya kali ini akan memukau banyak mata.



Drama ini mengisahkan seorang Jaksa di Kantor Kejaksaan Distrik Seoul bernama Park Jeong Woo (Ji Sung). Dia seorang jaksa yang adil nan bijaksana. Namun entah apa gerangan yang terjadi padanya, setelah merayakan ulang tahun anaknya Park Ha Yeon (Shin Rin Ah) bersama istrinya Yoon Ji Soo (Son Yeo Eun) dia tiba-tiba terbangun dari tidurnya dan mendapati dirinya telah berada  di sebuah sel tahanan atas tuduhan pembunuhan yang dia lakukan pada istri dan anaknya. Dan dia kehilangan sebagian  ingatannya. Hanya ingatan pada malam terjadinya pembunuhan itu yang hilang dari ingatannya. Apakah yang sebenarnya terjadi ?

Mungkinkah seorang jaksa adil nan bijaksana tega melakukan itu pada istri dan anaknya? Apa yang menjadi alasan dibaliknya? Jika bukan dia pelakunya lalu siapakah gerangan yang telah melakukan hal keji itu pada keluarganya? Apa motifnya? Benarkah istri dan anaknya memang sudah meninggal? Akankah Ji Sung bisa mengembalikan ingatannya dan mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di malam kejadian?  Silahkan tonton sendiri yaaah 😉

Buat kalian yang ga suka drama korea berbau percintaan, gue saranin kalian supaya nonton drama ini. Biar kalian juga bisa main detektif-detektifan. Karena kisahnya penuh dengan misteri yang belum terpecahkan.

Ji Sung pastinya berusaha dengan keras mendalami karakter ini. Pada awalnya  dia adalah jaksa yang penuh karisma yang dikagumi dan di hormati banyak orang, tapi tiba-tiba menjadi narapidana dalam keadaan kehilangan sebagian ingatan. Kemudian dia berusaha keras mengembalikan ingatannya lagi dan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Dia harus benar-benar memahami dan menghayati perannya supaya para penonton bisa ikut merasakan ketidakadilan yang dialaminya. Dan menurut gue, Ji Sung 100% berhasil mendapatkan simpati dari penonton. Gue pribadi nih pas nonton drama ini jadi greget-greget sendiri. Rasanya pengen langsung terbang ke Korea buat bantuin Ji Sung memecahkan permasalahannya. Minimal ngasih semangat sambil di puk-puk gitulah 😂 .


raut wajah dan sorot matanya bikin hati kita jadi berasa teriris-iris gitu 😢
Tuh, bisa dilihat dari ekspresinya, sorot matanya, bahkan pas nonton dramanya deru nafasnya bikin kita jadi ikut ngerasain apa yang dirasain Ji Sung. Dia selalu total tiap membintangi sebuah drama. Pas nonton drama ini, kalian bakal dibawa Ji Sung merasakan betapa depresinya dia dalam penjara dan betapa frustasinya dia mengingat kembali kejadian pembunuhan yang menimpa keluarga kecilnya. Wah, emosinya mengharu biru deh pokoknya 😟. Makanya buruan tonton ..

Nilai plus dari drama ini selain dari jalan ceritanya adalah dari pendalaman karakter para aktor dan aktrisnya. Bukan hanya Ji Sung dan Uhm Ki Joon saja yang aktiknya memukau banyak mata, tapi menurut gue akting polos seorang gadis cilik yang di perankan Shin Rin Ah benar-benar menguras emosi. Apalagi pas lagi di pasangin berdua antara Ji Sung dan Rin Ah dalam satu scene, sebagai ayah dan anak yang terpisah karena ketidakadilan gue udah gabisa berkata-kata. Ini mata udah berkaca-kaca rasanya tak kuat lagi membendung air mata 😢😢. Latarnya juga bisa dibilang ga biasa. Tim produksi membuat inovasi dengan memilih latar di dalam sebuah penjara. Mungkin ada drama yang serupa. Tapi drama ini adalah drama berlatar sebuah penjara yang pertama kali gue tonton. Rutinitas para narapidana juga di sertakan, bahkan ceritanya sampai di buat rute pelarian dari penjara. Kok bisa ya? Kalo diliat para tahanan lainnya ntar bisa dijadiin inspirasi buat kabur dari penjara tuh. Haha 😁

Bukan hanya itu. Lawan main Ji Sung dalam drama ini adalah Uhm Ki Joon. Yang berperan sebagai Cha Seon Ho & Cha Min Ho. Aktingnya memerankan peran antagonis bisa dibilang berhasil. Nantinya, semua penonton bakal dibikin dag dig dug gimanaaa gitu kalo liat si Ahjussi Ki Joon. Berasa pengen nampol mukanya mewakili rasa sakitnya Ji Sung. Sumpah ngeselin ..


 Uhm Ki Joon (Cha Min Ho/Cha Seon Ho)

Defendant tayang di stasiun SBS tiap senin selasa pukul 10 malam. Drama ini mendapat sambutan baik dari para penonton. Terbukti dengan rating awalnya yang tembus 14 persen. Mengalahkan dua drama pesaingnya yang sama-sama tayang di slot senin selasa malam yaitu Rebel Hong Gil Dong yang hanya mendapat rating 10 persen dan Hwarang : The Beginning yang hanya tembus 9,1 persen.

Drama ini awalnya hanya akan tayang selama 16 episode dimulai pada tanggal 23 januari 2017 dan dijadwalkan akan berakhir pada 14 maret 2017. Namun karena banyaknya permintaan pemirsa yang meninginkan drama ini diperpanjang, maka pihak SBS memperpanjang menjadi 18 episode dan dijadwalkan akan menayangkan episode terakhirnya pad tanggal 21 Maret mendatang.

Alur dari drama ini adalah alur maju mundur atau lebih kerennya biasa disebut alur flashback. Mengapa demikian? Karena setelah kita dibawa pada keadaan dimana Ji Sung tiba-tiba menjadi narapida, di episode-episode berikutnya kita akan dibawa pada keadaan dimana dia mengingat-ingat kembali kejadian sebelum dia menjadi narapidana.

Latar keseluruhan drama ini lebih banyak terjadi didalam sebuah penjara. Tempat dimana Ji Sung menghabiskan sebagian besar waktunya menjalani masa penahanan bahkan hingga divonis hukuman mati.

Mulai dari alur dan latar semua dirangkai sedemikian indahnya. Sayangnya, dalam episode ke-12 yang belum lama ini tayang, penonton menemukan sebuah kata tak pantas yakni ‘anus’ pada salah satu properti yang berbentuk banner. Yang makin menuai komentar negatif adalah karena properti tersebut digunakan di adegan saat taman kanak-kanak tempat anak Cha Min Ho (Uhm Ki Joon) menuntut ilmu mengadakan pertunjukan.


kata tak pantas pada banner pertunjukan tempat anak
Cha Min Ho menuntut ilmu
Beberapa netters menganggap jika hal itu merupakan sindiran untuk kelas atas, namun beberapa netters lainnya menilai jika itu merupakan kesalahan pihak produksi. Meski begitu, penayangan drama Defendant di tanggal 27 Februari lalu sukses mencetak rating hingga 23,3 persen.

Salah tulis di banner mungkin bisa bikin mata kita rada sepet ngeliatnya. Tapi over all, menurut gue drama ini sangat layak kalian tonton. Ketegangannya berasa banget. Emosinya juga dapet banget. Akting para pemainnya, pendalaman karakternya, juga chemistrynyaa dapet banget. Jalan ceritanya juga lain daripada yang lain.

Update :
Download Soundtrack Drama Defendant (Full Album)

Jadi .. Selamat menonton ya, dan rasakan kenikmatannya ..

Sampai ketemu di ulasan selanjutnya. Dah ..

Related Posts:

9 Responses to "Review Defendant, Drama Korea Pengganti Romantic Doctor, Teacher Kim "