Menggali Lebih Dalam Sosok Introvert Yang Di Gambarkan Pada Karakter Eun Hwan Gi

Hai ..
Dilihat dari judulnya, adakah dari kalian yang bisa menebak pembahasan kita kali ini?
Yup ini berhubungan dengan drama tvN yang baru saja berakhir minggu lalu yang berjudul My Shy Boss atau dengan judul lain biasa disebut Introverted Boss.



Pengenalan Para Pemeran

Sebelum membahas tentang isi dari drama Introverted Boss, kita kenalan dulu yuk sama para aktor dan aktrisnya.


Yang pertama akan gue perkenalkan adalah si pemeran utama yang bakal jadi fokus pembahasan kita hari ini. Siapakah dia? Dia adalah Yeon Woo Jin sebagai Eun Hwan Gi Daepyonim. Direktur yang introvert dan ngeselin.


 Yeon Woo Jin
Selanjutnya adalah Park Hye Soo yang berperan sebagai Chae Ro Woon. Park Hye Soo adalah aktris dan penyanyi asal Korea Selatan. Awal mula gue ketemu sama Hye Soo adalah di drama stasiun Jtbc berjudul Age Of Youth.


Park Hye Soo

Selanjutnya, ada Yoon Park yang berperan sebagai Kang Woo Il. Gue ketemu sama Yoon Park juga di Age Of Youth. Disitu Yoon Park berperan menjadi seorang chef di sebuah restoran. Gue lebih jatuh hati sama Yoon Park pas lagi di Age Of Youth dibanding pas dia lagi main di Introverted Boss (gapenting banget yaa :D haha)


Yoon Park
Selanjutnya ada Kong Seung Yeon yang memerankan adik Hwan Gi bernama Eun Yi Soo. Gue suka banget sama akting Kong Seung Yeon. Meskipun karakter Eun Yi Soo yang diperankan olehnya lebih ke karakter yang ngeselin, dan egois.


Kong Seung Yeon
Dan terakhir ada unnie yang juga bikin gue terpesona. Jang Hee Jin namanya. Jang Hee Jin memerankan karakter Seo Yeon Jung, cinta pertamanya Hwan Gi. Cara bicaranya emang blak-blakan. Apalagi pas bersaing sama Ro Woon memperebutkan Hwan Gi. Tapi karakternya digambarkan sangat dewasa. Awal mula perjumpaan gue dengan Hee Jin terjadi di drama berjudul Big.

Jang Hee Jin

Pemeran lainnya :
  • Ye Ji-Won sebagai Dang Yoo-Hee
  • Heo Jeong-Min sebagai Eom Sun-Bong
  • Lee Gyu-Han sebagai Reporter Woo
  • Jun Hyo-Seong sebagai Kim Gyo-Ri
  • Stephanie Lee sebagai Direktur Park
  • Kim Eung-Soo sebagai ayah Hwan-Ki
  • Kim Ye-Ryeong sebagai ibu Hwan-Ki
  • Lee Han-Wi sebagai ayah Ro-Woon
  • Kim Mi-Kyung sebagai ibu Ro-Woon
  • Han Chae-Ah sebagai Chae Ji-Hye (cameo)


Sekilas Tentang Drama Introverted Boss

Introverted Boss adalah drama bergenre komedi, romantis yang mulai ditayangkan pada 16 Januari 2017 dan baru saja berakhir pada tanggal 15 Maret 2017 dengan jumlah episode sebanyak 16 episode.

Eun Hwan Gi (Yeon Woo Jin) adalah direktur di sebuah perusahaan public relations. Dia adalah seorang bos yang pemalu, tertutup, dingin dan dianggap menyebalkan oleh para karyawannya. Dia tidak sanggup berhadapan dengan banyak orang. Bahkan di dalam gedung perusahaannya, ruangannya pun tak selantai dengan para karyawannya. Ruangan tempatnya menghabiskan waktu saat berkerja berada di lantai paling atas yang tak seorangpun menghuni disana kecuali Hwan Gi dan sekretarisnya. Tak ada satupun orang yang pernah berbincang secara langsung dengannya. Hanya Kang Woo Il (Yoon Park) lah yang paling dekat dengannya. Kang Woo Il adalah sahabat sekaligus CEO yang bekerja sebagai tameng untuk CEO yang sebenarnya (Eun Hwan Gi). Kang Woo Il berbanding terbalik dengan Eun Hwan Gi. Jika Hwan Gi selalu menyendiri namun tetap mengawasi, Wo Il justru lebih suka dilihat, diperhatikan, dan di akui. Kang Woo Il adalah seorang yatim piatu yang di adopsi oleh keluarga Hwan Gi. Awalnya Woo Il hanya ingin membantu Hwan Gi untuk keluar dari zona nyamannya, membuat Hwan Gi menjadi pribadi yang lebih terbuka dan bisa berhadapan dengan banyak orang. Namun keserakahan tampaknya membutakan mata hatinya. Woo Il menjadi sangat egois dan ingin selalu mendapat pengakuan. 

Ditengah rumitnya kisah persahabatan mereka, hadirlah sosok Chae Ro Woon (Park Hye Soo). Awalnya dia adalah seorang penyanyi opera. Cha Ji Hye (Kakak Ro Woon) dulunya bekerja sebagai sekretaris Eun Hwan Gi. Namun suatu ketika kakaknya bunuh diri dengan cara meloncat dari lantai atas tempatnya bekerja. Namun, setelah kejadian mengerikkan itu, anehnya tidak ada  satupun artikel yang membahas tentang kematian kakaknya. Alasan itulah yang akhirnya membuat Ro Woon berhenti menjadi penyanyi opera dan memilih untuk bekerja di perusahaan tempat mendiang kakaknya bekerja. Ro Woon hendak mencari kebenaran atas kejadian yang menimpa kakaknya, dan hendak membalas dendam kepada Eun Hwan Gi karena Ro Woon berfikir bahwa Hwan Gi lah penyebab kakaknya bunuh diri. Namun ternyata, Ro Woon mulai merasa nyaman bekerja di sana. Meskipun niat awalnya adalah untuk membalas dendam pada Hwan Gi, tapi pada akhirnya Ro Woon justru membantu Hwan Gi menjadi pribadi yang lebih terbuka.

Sedikit pengetahuan , Introvert atau Introversion adalah kepribadian manusia yang lebih berkaitan dengan dunia dalam pikiran manusia itu sendiri. Jadi manusia yang memiliki sifat introvert ini lebih cenderung menutup diri dari kehidupan luar. Mereka adalah manusia yang lebih banyak berpikir dan lebih sedikit beraktifitas. Mereka juga orang-orang yang lebih senang berada dalam kesunyian atau kondisi yang tenang, daripada di tempat yang terlalu banyak orang.

Ciri-ciri Introvert:
  • Senang menyendiri
  • Pemikir
  • Pemalu
  • Pendiam
  • Lebih senang bekerja sendirian
  • Lebih suka berinteraksi secara langsung dengan 1 orang (1 on 1 interaction)
  • Susah bergaul (kuper)
  • Senang berimajinasi
  • Jarang bercerita, lebih suka mendengarkan orang bercerita
  • Senang dengan kegiatan yang tenang (membaca, bermain komputer, memancing, bersantai dsb)
  • Lebih senang mengamati dalam sebuah interaksi
  • Berpikir dulu baru berbicara/melakukan suatu hal
  • Lebih mudah mengungkapkan perasaan dengan tulisan

Pembahasan Dan Pesan Pribadi

Ada kalanya seseorang menutup diri karena pernah terluka amat dalam di masa lalu. Adakalanya pula seseorang menutup diri karena tidak pernah didengar dan dihargai. Atau karena tekanan dari orang-orang terdekat. Atau mungkin karena alasan-alasan lain yang tidak kita ketahui. Ketika orang-orang tersebut menutup diri, mereka mulai membuat dunianya sendiri. Dunia yang terasa sangat nyaman untuk mereka tempati.

Hwan Gi adalah salah satu diantara orang-orang itu. Dia tidak pernah bertatap muka dengan siapapun kecuali orang terdekatnya. Dia merasa tidak nyaman berinteraksi dengan banyak orang. Dia bahkan tidak pernah menghadiri rapat. Tapi tahukah kalian? Meski orang seperti itu terlihat sangat tidak peduli, tapi justru kepeduliannya melebihi yang kita bayangkan? Hanya saja dia mengawasi dibalik layar.

Sosok seperti Hwan Gi adalah jenis manusia yang mungkin pernah kita jumpai di kehidupan nyata. Sosok seperti itu bisa terbentuk dari banyak faktor. Beberapa faktor yang terlintas difikiran gue adalah seperti yang sudah gue sebut diatas. Karena faktor-fakror tersebut, seseorang jadi menutup diri dari orang lain. Lebih nyaman melakukan segala sesuatu sendiri. Kecintaannya pada kesendirian inilah yang akhirnya membuat orang lain disekitarnya berfikiran negatif. Menganggap dirinya orang yang angkuh, sombong, dingin, kejam, atau penilaian-penilaian negatif lainnya.

Setelah melihat drama ini, kita jadi bisa belajar nantinya bagaimana cara menyikapi sosok seperti Eun Hwan Gi. Menurut gue, sosok seperti Hwan Gi butuh dipahami. Mengetuk pintu hatinya yang tertutup secara perlahan, bukan mendobrak masuk dan menariknya keluar dengan paksaan. Kita perlu mendekati dengan halus dan menemukan cara yang tepat untuk berkomunikasi dengannya tapi tidak memaksa dirinya untuk berubah menjadi seperti yang kita inginkan. Karena merasa nyaman itu penting bagi setiap orang. Jadi, temukan cara bagaimana membuatnya nyaman tanpa harus merubah dirinya secara keseluruhan. Perlahan tapi pasti dia akan mampu membuka diri selama kita tidak pernah lelah mendampingi dan terus mendukung tanpa henti. Karena orang-orang seperti Hwan Gi juga butuh sandaran dan teman berbagi.

Sosok seperti Hwan Gi bisa jadi memiliki rasa peduli yang lebih tinggi. Hanya saja dia tidak mau orang lain mengetahuinya. Karena dia lebih nyaman memperhatikan dan membantu dari kejauhan. Dia juga punya kreatifitas yang tinggi, pemikiran yang unik namun mengagumkan dan tanggung jawab yang besar. Hanya saja orang lain tidak memberinya ruang untuk berkembang. Hingga dia lebih memilih menutup diri dan bersembunyi dalam dunianya sendiri.

Jika di kehidupan nyata kita berjumpa dengan seseorang yang memiliki kepribadian introvert seperti Hwan Gi, alangkah baiknya bila kita memahami isi dari drama ini. Agar kita tau bagaimana caranya memperlakukan seseorang yang berkepribadian Introvert dan tidak menjauhkan diri dari mereka.

Hwan Gi punya seorang ayah yang memberikan terkanan yang besar padanya. Dan gue rasa ayahnya adalah penyebab kenapa Hwan Gi jadi menutup diri dari dunia luar. Kenapa gue bilang gitu? Yuk kita kupas lebih dalam.

Ayah Hwan Gi sedang mencalonkan diri menjadi anggota Dewan. Karena pencalonannya itulah, beliau benar-benar mengekang Hwan Gi. Hwan Gi diharuskan menjaga image ayahnya agar ayahnya terlihat baik di mata masyarakat dan nantinya akan terpilih menjadi anggota dewan. Beliau merasa malu memiliki seorang anak yang tidak mampu tampil di depan publik. Padahal beliau adalah seorang calon anggota dewan yang selalu tampil di depan publik. Itulah yang membuat beliau selalu membanding-bandingkan antara Hwan Gi dan Wo Il. Bahkan beliau berharap Wo Il lah yang menjadi anaknya bukannya Hwan Gi. Nah, coba kalian bayangkan bagaimana rasanya menjadi Hwan Gi? Kita pastinya juga tidak akan mau dibanding-bandingkan. Iya kan?

Dari sini gue tarik kesimpulan. Buat para orang tua yang karakternya seperti ayah Hwan Gi, mengapa kalian memaksa? Mengapa tidak membimbing dan memberikan contoh saja? Daripada mencaci anak agar tidak mempermalukan orang tua atau melakukan hal-hal tercela, mengapa tidak mengajari saja bagaimana caranya menjaga nama baik orang tua. Bagaimana caranya agar terhindar dari perilaku tercela. Itu lebih baik untuk anda para orang tua, juga untuk mental anak anda.

Jangan memaksa anak menjadi seperti yang anda inginkan. Karena itu bisa mempengaruhi mental anak anda. Kenapa? Karena ketika anak tidak mampu mewujudkan apa yang anda inginkan, lalu anda dengan perasaan kecewa meneriaki dan mencacinya maka anak akan depresi dan frustasi. Pada akhirnya anak akan menutup diri.

Kesimpulan kedua. Bukanlah hal yang mudah membuat sosok berkepripadian introvert seperti yang di gambarkan pada karakter Hwan Gi untuk membuka diri. Tapi bagi Hwan Gi juga bukan hal yang mudah ketika dia harus menahan segala apa yang sebenarnya ingin dia katakan. Karena dia selalu berfikir sebelum mengatakan. Akankah perkataannya bermanfaat untuk seseorang atau justru menyakiti perasaan seseorang. Kunci bagi kita yang menghadapi orang seperti itu adalah sabar, gigih, dan pahami mereka dengan benar. Gali lebih dalam, mengapa dia menutup dirinya, mengapa dia enggan berbagi suka dan duka pada orang lain dan lebih memilih memendamnya. Jangan menghindar atau menjauhinya. Karena mereka juga layak dicintai dengan cara yang semestinya meskipun mereka adalah pribadi yang berbeda dari manusia lain pada umumnya.


Itulah sedikit pelajaran yang gue petik hasil nonton Introverted Boss. Kalo kalian punya pelajaran-pelajaran lain, silahkan tambahkan di kolom komentar 😊.

Update :
Download Soundtrack Introverted Boss
 
 
Oke sampai disini dulu pendalamannya. Kita akan berjumpa lagi di pembahasan selanjutnya dengan topik yang tak kalah menarik dari ini. Dah ..

Related Posts:

9 Responses to "Menggali Lebih Dalam Sosok Introvert Yang Di Gambarkan Pada Karakter Eun Hwan Gi"

  1. wah ternyata seorang introvert ya.. gapandai bersosial tuh tapi kayanya bakalan seru kalo karakternya begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru mungkin kak, tapi juga bakal susah kayaknya menghadapi pribadi introvert.

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Kalau menurut saya sih, introvert lebih banyak kurang positifnya karena mereka tidak bisa bergaul dan bahkan bicara didepan aja mereka takut.

    Makanya itu, saya ambivert adakalanya pendiam dan adakalanya banyak bicara dan memang ambivert itu sulit. Karena ekstrovert aja kalau dia jadi ambivert mereka harus menyesuaikan dirinya dengan hal yang sebelumnya tidak disukainya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak, setuju. Saya juga belajar ambivert aja lah. Ambil tengahnya 😁 supaya seimbang .

      Hapus
  4. lebih baik extrovert saja lah, gampang bersosial :D

    BalasHapus
  5. Dari cerita diatas aja, seru bangetkayaknya...

    Kayaknya harus nonton langsung nich...

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru emang kak.
      Nonton gih 😁 pemerannya cantik2 kok . Wkwk

      Hapus